Sabtu, 21 Maret 2009

Alat dan Bahan :

1. PC P2/P3/P4 sebagai Router PC 1 unit

2. PC Network 3 unit

3. Network Interface Card (NIC) 5 buah

4. HUB minimal 4 port 1 buah

5. CD program Router 1 buah

Langkah Kerja :

  1. Siapkan satu unit PC yang akan dijadikan Router PC dengan memasang minimal 1 buah NIC, lalu Instal Program Router kedalam PC yang akan dijadikan Router PC tersebut dengan cara memasukan CD program kedalam CDROM, lalu atur BIOS agar booting melalui CDROM. Ikuti langkah instalasi hingga selesai.
  2. PC yang sudah terinstal Program Router PC selanjutnya disetting agar dapat berfungsi menjadi router dengan perintah – perintah selanjuntay.
  3. Setting IP address untuk NIC yang pertama dengan pengisian IP address untuk jaringan keluar / public/ departemen lain, dengan perintah sbb:

# ip address add address 200.200.200.20 netmask 255.255.255.0 interface ether1

4 .Setting IP address untuk NIC yang kedua dengan pengisian IP address untuk jaringan kedalam / local , dengan perintah sbb:

# ip address add address 192.168.1.254 netmask 255.255.255.0 interface ether1

pada perintah diatas masih menggunakan interface ether 1 karena kita hanya menggunakan 1 buah NIC/lan card, sehingga dalan satu NIC kita beri dua alamat IP

5.Tes Koneksi dengan computer network yang lain dengan menggunakan perintah #ping IP address-nya. Jika konek berarti lanjutkan langkah selanjutnya.

6. Setting Gate way untuk Router dengan menggunakan gate way dari IP public, dengan perintah :

# ip route add gate way= 200.200.200.1 (dari IP Public/ ISP)

7. Setting Primary DNS untuk koneksi Internetnya dengan perintah :

# ip dns set primary-dns= 85.255.110.151

8. Setting Routing masquerade ke NIC yang pertama, dengan perintah :

# ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1

catatan:

Saat ini, protokol IP yang banyak digunakan adalah IP version 4 (IPv4). Dengan panjang alamat 4 bytes berarti terdapat 2 pangkat 32 = 4.294.967.296 alamat IP yang tersedia. Jumlah ini secara teoretis adalah jumlah komputer yang dapat langsung koneksi ke internet. Karena keterbatasan inilah sebagian besar ISP (Internet Service Provider) hanya akan mengalokasikan satu alamat untuk satu user dan alamat ini bersifat dinamik, dalam arti alamat IP yang diberikan akan berbeda setiap kali user melakukan koneksi ke internet. Hal ini akan menyulitkan untuk bisnis golongan menengah ke bawah. Di satu sisi mereka membutuhkan banyak komputer yang terkoneksi ke internet, akan tetapi di sisi lain hanya tersedia satu alamat IP yang berarti hanya ada satu komputer yang bisa terkoneksi ke internet. Hal ini bisa diatasi dengan metode NAT. Dengan NAT gateway yang dijalankan di salah satu komputer, satu alamat IP tersebut dapat dishare dengan beberapa komputer yang lain dan mereka bisa melakukan koneksi ke internet secara bersamaan.

9. Tes koneksi ke IP public yang lain atau ke alamat internet jika langsung terhubung dengan internet. (missal 200.200.200.10 ; www.google.com; www.yahoo.com ) jika berhasil maka setingan PC Router telah berhasil…….semoga berhasil. artikel ini di Peroleh dari Mr afing ~mat_song~ .eeetttt tapi ini ada izin untuk menampilkan ke pada page weblogku, kalian tau ga sihh…. aku sempet minta2 sampai air-mataku mengalir menganak sungai..jadi pleasee…..dwehhh baca dengan hati-hati dan jangan lupa kasih komentar!!!!

http://amadeo.blog.com/repository/519004/3386623.png

Tidak ada komentar:

Blog Archive

Followers