Senin, 06 Juni 2011

Membackup Harddisk

Back Up Windows XP Menggunakan Hiren's Boot CD


Pastinya agan uda tau kan dengan yang nama back up windows ? apalagi dengan yang nama Ghost..eitsss, tapi bukan Ghost kayak yang di film2 itu gan.. :D. Yang ane maksud disini Northon Ghost 32 gan.
Northon Ghost 32 uda banyak dikolaborasikan sama berbagai aplikasi dalam satu cd yang biasa disebut Boot CD. Nah disini ane gunain Hiren's Boot CD gan.

Sebelumnya siapin dulu :
  • kompi yang OS nya mau di back up. 
  • CD Room + Hiren's Boot CD yang uda di burning dalam CD

Ni langkah-langkah membuat back up nya gan :
  1. Masukkan CD Hiren's Boot CD ke dalam CD Room nya.
  2. Hidupkan kompi nya gan, masuk kedalam bios guna mengatur booting ke CD Drive ( pastinya agan uda tau kan cara masuk ke sistem bios ? ada yang tekan del atopun F2, tiap Mobo berbeda-beda ). Kemudian save settingan bios dengan menekan F10, kompi restart.
  3. Ketika kompi hidup, kompi akan booting ke CD Room (Hiren's Boot CD).
  4. Pilih Mini Windows XP guna memudahkan pengerjaan selanjutnya.
  5. Pada menu utama Hiren's Boot CD pilih Backup Tools ==> Norton Ghost.
  6. Sabar gan...tunggu Norton Ghost berjalan.. :D berikut sampel gambar nya gan.==> klik OK. 
  7.  Pilih menu local ==> Partition to image ( guna menyimpan partisi windows nya berbentuk file image/iso ).
  8. Pilih HDD utama yang akan di backup ( partisi 1 (c) ). Pastikan agan memilih HDD ( jika menggunakan dua ato lebih HDD ) & partisi yang tepat.
  9. Pilih Partisi guna menyimpan file image tersrbut, pilih aja selain partisi yang agan backup tadi. biasanya ya partisi D gan ( partisi 2 ).==> Save.
  10. Selanjutnya akan muncul pesan, pilih salah satu sesuai dengan keterangan berikut : No = Pilih ini jika Anda tidak ingin mengubah file image dari ukuran file windows sebenarnya
    FAST = Pilihan kompresi cepat, hasilnya kurang lebih 30% dari ukuran file sebenarnya
    HIGH = Pilihan kompresi tingi, hasilnya bisa sampai 60% dari ukuran file asli meski prosesnya akan sedikit lebih lambat.
    Ane anjurkan Anda memilih pilihan ini untuk menghemat space harddisk. Toh Norton Ghost tidak mengubah isi file image, hanya ukuran filenya saja yang dipadatkan. Persis seperti yang dilakukan oleh WinZIP ato WinRAR.
  11. Ketika muncul pesan ‘Procesed with partition image creation?’ Pilih [YES].
  12. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul pesan ‘Image Creation Completed Successfully’, klik [Continue]. Klik [Quit] untuk keluar Program.
    Sampai di sini agan uda punya satu file image dari sistem operasi agan yang sewaktu-waktu bisa dipanggil kembali untuk melakukan restorasi. Agan bisa menggunakan Flashdisk atau Media DVD untuk menyimpan file Image ini, hanya untuk berjaga-jaga.
    Nah, suatu saat jika ada masalah dengan Windows, Agan tinggal melakukan langkah restorasi berikut ini.


    Nah berikut langkah-langkah restorasi windows nya gan :
  1. Langkah awalnya sama dengan cara di atas gan, yang bedanya waktu pemilihan menu Norton Ghost  nya gan.
  2. Pilih menu Local ==> Partition ==> From Image ( untuk me-restore partisi dari file image yang telah kita buat tadi ).
  3. Pilih file image.GHO di partisi tempat menyimpan file image nya gan ==> Open.
  4. Pilih partisi sumber image nya.
  5. Pilih HDD utama & partisi yang akan di restore ==> OK.
  6. Ketika Muncul pesab ‘Prosses With Partition Restore?’ klik [Yes]
  7. Tunggu hingga 100%.
  8. Klik reset komputer untuk mereset kompi nya gan.
  9. Finish.
Ingat gan pada langkah restorasi ini jangan sampai salah pilih partisi. Karena datanya bisa hilang gan :D...( sesuai pengalaman gan...tapi punya temen ane yang ilang data nya :D ).

Selamat Mencoba Gan....





Membackup Hardisk menggunakan
  DriveImage XML

Kategori : backup data
Seperti   yang  telah kita  ketahui, bahwa  hardisk merupakan  komponen  yang sangat berharga  pada sebuah komputer.  Hal ini dapat dimaklumi karena pada sebuah hardisklah kita menyimpan data-data yang kita perlukan Untuk mencegah terjadinya keruksakan pada hardisk yang bisa menyebabkan data tersebut rusak atau bahkan hilang, kita harus membackup data-data pada hardisk tersebut atau bahkan membackup hardisk tersebut secara keseluruhan atau biasa disebut sebagai meng-cloning hardisk.

Salah satu program yang dapat kita gunakan untuk membackup data dan meng-clone hardisk adalah DriveImage  XML.  DriveImage  XML  versi  Private  Edition  (dixmlsetup.exe)  dapat  Anda download d_DISINI bagi Anda yang menggunakan Ultimate Boot CD for Windows (UBCD4WIN)  maka program ini sudah terdapat didalamnya.

Dengan DriveImage XML kita bisa membuat :

Membackup partisi hardisk ke image file
Me-restore file dan folder tertentu  dari image file
Me-restore image ke hardisk lain.
Meng-cloning / copy hardisk to hardisk




Dalam tutorial ini kita akan melakukan langkah demi langkah membuat backup dan merestore image file pada hardisk menggunakan Drive Image XML.

Tidak ada komentar:

Blog Archive

Followers