Selasa, 17 Januari 2012

Reinstall Notebook Acer Aspire One

CARA 1
Start > (All) Programs > Empowering Technology > Acer eRecovery Management
CARA 2

1. restart netbook mu
sebener-nya ga di restart gpp. yg penting kamu ada di posisi sebelum masuk ke operating system (windows xp, vista, mac os, dll.) atau waktu proses boot-up

2. pencet Alt + F10
pas netbookmu nyala.. ada layar item, trus ada tulisan acer warna putih.. pencet pas itu.
disitu proses boot-up, pencet-nya harus bareng.. jari satu dengan yg lain diusahakan kompakgelakguling

3. ikuti instruksi

Cara install dengan Flasdusk

Sebenarnya Installasi Windos tidak hanya dengan CD, tapi ada juga cara installasi dengan USB FLASH DISK, cara ini mempunyai keuntungan yaitu installasi lebih cepat daripada menggunakan CD.Klo yang ga tahu apa itu flashdisk bisa liat di bwah ini...

MUngkin Langsung saja kita mulai tutorialnya….

Yang temen-temen perlu siapkan:

1. USB_MultiBoot_10 yang bisa download gratis ni.. http://www.ziddu.com
2. Sebuah Flash Disk berkapasitas minimal 1GB
3. Sebuah CD installasi XPNah jika sudah lengkap persiapan kita yang perlu temen-temen lakukan

1. Extrak file yang temen-temen download tadi
2. Jalankan USB_MultiBoot_10.cmd U_01_Intro_Help




3. Temen-temen bisa tekan ENTER
4. Kemudia akan muncul pilihan seperti ini U_02_Format_Menu

5. Pilih yang H dan tekan enter maka akan muncul kotak seperti iniPU_04_HP_

Format Pada pilihan File System Pilih NTFS dan centang Quick Format , dan tekan Start
6. Setelah selesai memFormat temen-temen bisa menutup BOX Format
7. Setelah itu akan menemui Menu dalam kotak CMD

MenuKeterangan: 0> untuk merubah Tipe Driver , 1> Letak Source Setup XP, 2> Lokasi USB flash temen-temen 3> Memulai mengkopy installasi xp ke USB Flash temen-temen.
8. Nah pilih no 1 dan tekan Enter (tujukan ke dalam CD XP anda) sebelum nya masukkan dulu CD Installasi Xp.
9. Setelah temen-temen memilih source XP maka akan muncul BOX

pilih NO maka akan disuruh mengisi UsrXP, SerialNumber, Nama Komputer dan lain sebagainya
10. Setelah itu pilih no 2 dan tujukan ke USB yang tadi
11. Setelah itu pilih no 3 untuk memulai mengcopy installasi Xp ke USB
12. Pada pertengahan proses copy akan muncul boxU_13_Copy_SelectPilih Yes

13. Nah pada box yang terakhir muncul pilih NO

14. Nah Proses copy Sudah selesai. Temen-temen bisa mengunakan USB untuk Install Windows Xp.

Proses Install

* Pada saat booting bisa tekan DELETE
* maka akan muncul pilihan dg latar belakang biru
* pilih Advanced Bios Features, kalo tidak salah letaknya no2 menu kiri
* pilih lalau pilih HardDisk Boot Priority
* nah disana ada nama harddisk yang temen-temen pakai dan nama USB Flash
* Geser USB pada urutan pertama menggunakan Page UP
* setelah itu Save dan Exit
* Nah saat computer booting dengan flashdisk akan disuguhi beberapa pilihan, pilih no 1( 1. Begin TXT Mode Setup Windows XP)
* nah setelah itu akan setup windows seperti biasa.

Cara masuk BIOS pada Notebook Acer

Umumnya notebook brand Acer, jika mau masuk BIOS adalah menekan Tombol F2. Jadi setelah menekan tombol Power, anda segera menekan tombol F2 karena waktu anda hanya 1 detik biasanya.

Umumnya lagi pada sistim BIOS acer tidak terlalu rumit. Setelah Anda menekan tombol F2 akan terdapat beberapa menu, yaitu : Information, Main, Security, Boot dan Exit. Untuk pindah antar menu tekan saja panah kiri dan kanan disudut bawah kanan keyboard, jika mau lihat masing2 item dalam menu tersebut tekan tanda panah atas – bawah.

Information : Disini terdapat informasi mesin laptop anda mulai dari prosesor, system bios, serial number, product name dll.

Main : Menu ini ada beberapa Item yang penting untuk dipelajari. Biasanya di menu ini anda dapat merubah sistim waktu dan tanggal. Kemudian ada juga menu Quiet Boot, network boot, F12 boot menu, D2D recovery dan SATA Mode. Yang paling penting disini adalah item SATA Mode. Saat ini SATA Mode defaultnya atau setingan pabriknya AHCI. Nah, jika anda install Windows Vista atau Windows 7 ini tidak masalah. Tapi, lain cerita jika anda menginstall Windows XP dijamin tidak bisa. Untuk dapat kita install, setingan SATA Modenya harus kita rubah ke IDE Mode.

Security : Menu ini untuk pengamanan ( ada baiknya tidak usah dipassword ).

Boot : Menu ini untuk pengaturan Boot, untuk merubah boot utamanya tekan F5/F6.

Exit : Menu ini untuk keluar dan menyimpan seting yang kita rubah atau bisa juga keluar tanpa menyimpan, dan bisa juga untuk mengembalikan ke setingan awal yaitu Load Setup Default. Nah, untuk save pilih Exit Save Changes atau tekan aja tombol F10 danYes.

Hilangkan Password BIOS ( Reset BIOS )

Trik ini sangat berguna bila anda lupa password BIOS yang anda isikan. sehingga komputer anda tidak dapat masuk ke windows. untuk mereset BIOS dibutuhkan sedikit pengetahuan anda tetang DOS karena trik berikut kita lakukan lewat DOS. 
- Buka Dos Prompt c:\> Ketik DEBUG  Enter
- Muncul Tanda(-) pada DEBUG prompt ketik : o 70 2e Enter
- Tampil pada debug prompt -o 70 2e Enter
- Ketik o 71 ff Enter
- Ketik Q Enter
Selain melalui DOS, anda dapat pula mereset BIOS dengan cara melepas Baterai yang ada di Motherboard atau bisa anda lakukan juga dengan cara melepas jumper yang berada disebelah baterai yang bertuliskan Clear CMOS .

Cara Masuk BIOS Notebook Compaq

Tekan tombol Power dan kemudian segera tekan tombol Esc posisinya ada disudut kiri keyboard.

Akan muncul layar selanjutnya yang berisi beberapa informasi. Ada F1, F2, F7, F9, F10, F11, dan F12. Mari sedikit kita lacak apa yang ada disitu.

F1 : Tekan tombol ini untuk melihat informasi hardware sistim laptop.Untuk kembali ke menu utama tekan Esc lagi.
                                                                                       
F2 : Tekan tombol ini untuk mendiagnosa system, biasanya ada beberapa pilihan silakan tes. Tekan Esc ke menu utama.

F7 : Tekan tombol ini untuk mengaktifkan SpareKey.

F9 : Tekan tombol ini untuk melihat menu opsi booting.

F10 : Tekan tombol ini untuk melihat dan merubah, seperti jamdan tanggal.

F11 : Tekan tombol ini untuk Recovery system.

F12 : Tekan tombol ini untuk Boot dari Network.
Untuk menginstall cukup masukkan cd boot windows atau linux dan pada saat ada opsi Press anykey to boot from cd/dvd, anda tekan sembarang tombol. Dan jika opsi tersebut tidak muncul coba anda tekan F12 untuk daapt boot dari CD.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih banget ilmunya gan

Blog Archive

Followers