monitor LCD

Seringkali kita menjumpai Monitor LCD rusak, kerusakan pada monitor LCD ada beberapa masalah yang mungkin terjadi meliputi:
Para mati total, layar menyala tapi gelap, LED indikator menyala layar tidak muncul, dan lebih banyak kerusakan pada LCD lainnya. Dengan berbagai merek dan tipe LCD pada kerusakan pasar yang sering terjadi pada blok rangkaian:
1. Regulator (AC ke DC)
2. Kembali cahaya Inverter
3. motherboard
4. Panel LCD
5. Kembali cahaya Lampu

Ada beberapa langkah untuk menemukan dan memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi pada layar LCD, langkah-langkah adalah sebagai berikut:
Buka penutup belakang LCD layar LCD-hati saat membuka penutup atau penutup tidak menggores pada layar, pastikan kabel daya ke listrik benar-benar tidak terhubung, setelah melihat semua terbuka di kapasitor pada regulator jika ada fisik mengubah atau gelembung dan mengganti semua kapasitor yang ada dengan yang baru mungkin bisa berhasil,
Jika langkah di atas tel`h dilakukan dan tidak ada perubahan pada monitor LCD adalah langkah berikutnya memeriksa tegangan yang keluar dari regulator ke papan inverter dan untuk memastikan tegangan tidak kurang dari 12volt dan 5Volt dan pastikan tegangan benar-benar stabil, jika tegangan kurang atau keluar tanpa benar-benar memeriksa regulator biasanya transistor IC dan FET kecil pastikan tegangan dengan baik, ketika regulator mencoba untuk memperbaiki jalan ke papan dirilis terlebih dahulu untuk mengantisipasi kerusakan terjadi pada dewan .
Jika langkah kedua di atas dilakukan dan ternyata tegangan yang sempurna dan tidak ada masalah tetapi layar tetap tidak menampilkan gambar atau grafis tetapi tidak jelas atau samar (gelap) FUSE mencoba untuk memeriksa tegangan untuk Blok Inverter nya , Fuse biasanya terlihat seperti 0 ohm tahanan, pada saat memperbaiki inverter harap berhati-hati karena fungsi blok adalah untuk menghasilkan tegangan tinggi untuk memasok lampu latar pada layar, periksa transistor untuk travo.


TRANSISTOR REGULATOR
Sekarang ini sudah mulai banyak orang yang beralih menggunakan monitor jenis LCD bahkan sekarang sudah ada teknologi baru yaitu monitor LCD dengan menggunakan LED sebagai backlight nya sehingga menciptakan gambar yang benar benar tajam.
Kerusakan pada monitor umumnya sering terjadi pada blok regulator. Pada blok ini di masing masing merk memiliki tegangan output masing masing. Untuk monitor LCD yang tidak bermerk (tidak terkenal) biasanya hanya menggunakan tegangan 5volt saja, namun untuk merk lain biasanya ada dua buah tegangan yaitu 5volt dan 12volt.
Yang sering saya temui adalah kerusakan monitor di bagian regulator atau sering disebut power supply. Jika pada bagian ini rusak, maka hal yang akan timbul adalah monitor seolah mati total padahal mungkin yang mati hanya regulator yang menyuplai tegangan ke rangkaian backlight.
Tegangan untuk main board dari monitor itu sendiri adalah 5volt selain tegangan itu biasanya adalah tegangan untuk backlight. Jika pada saat kamu menyalakan monitor tapi tidak muncul sama sekali gambar, jangan langsung memvonis mati total. Cek apakah lampu power indikator menyala. Jika menyala maka ada kemungkinan yang mati hanyalah backlight nya saja. Tapi jika lampu indikator menyala tidak wajar atau remang remang maka yang patut kita curigai adalah elco regulator yang kemungkinan sudah berubah nilai.
-Saran saya jika anda kebingungan untuk memperbaiki rangkaian regulator karena saking rumitnya, dan tidak ingin keluar biaya banyak, kamu bisa mengganti rangkaian regulator monitor kamu dengan rangkaian regulator DVD player asalkan tegangan yang terpasang ke mainboard dan backlight sama.
Semoga pengalaman saya bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah terhadap monitor LCD.

 memperbaiki monitor lcd yang rusak (untuk pemula)

terkadang lcd monitor yg kita gunakan sering rusak, baik itu mati total, blank, atau gambar yang acak-acakan.
sebenarnya ini bukanlah masalah besar apabila lcd monitor kita masih dalam keadaan garansi dari distributor, ya tinggal kita klaim saja ke toko tempat kita membeli.
tapi lain halnya kalau lcd monitor kita sudah lewat dari masa garansi dari distributor, pasti membuat kita pusing  karena harus membeli lcd monitor yang baru, sudah pasti harganya mahal.
tapi kalau anda tidak punya uang tetapi punya waktu luang, dan mau mencoba sesuatu yang baru kita bisa saja mencoba memperbaiki lcd monitor milik kita sendiri.
perhatian!: dalam melakukan tips-tips dibawah ini anda membutuhkan setidaknya sedikit pengetahuan dalam bidang elektronika dan pastikan bahwa lcd monitor anda sudah tidak dalam masa garansi lagi, karena merusak segel garansi akan membatalkan garansi terhadap lcd monitor anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki lcd monitor kita:

Lcd monitor dengan adaptor ac eksternal
contoh gambar lcd dengan eksternal ac adaptor
  1. apabila lcd monitor anda menggunakan aca adaptor eksternal, maka periksa apakah lampu indikatornya hidup atau tidak, hal ini untuk memastikan bahwa kerusakan berasal dari eksternal atau internal dari lcd itu sendiri. jadi apabila kerusakan hanya terjadi pada adaptor eksternal saja, kita tidak perlu membongkar lc monitor kita.
  2. jika hidup pastikan kabel dalam keadaan baik, atau tidak terputus, untuk memastikan apakah arus listrik sampai pada ujung konektror kabel, gunakan multitester atau lampu 12 volt untuk memeriksanya. jika tegangan listrik ada maka pastikan tegangan listriknya sesuai dengan yang label informasi adaptor yg tertempel pada bagian body adaptor, contohnya: output DC 12v --1000 mA. 
contoh gambar lcd dengan internal ac adaptor
  1. periksa apakah konektor lcd kita dalam kondisi baik, hal ini untuk memastikan sumber kelistrikan dan dan kabel vga ke komputer terpasang dengan baik dan benar. dan bukan tidak mungkin lcd monitor anda mati hanya karena kabel AC listrik, atau kabel data vga rusak atau bahkan terputus.
  2. apabila semua kabel dalam keadaan baik, maka kita dapat mulai dengan membuka casing lcd monitor, untuk beberapa lcd monitor ada yang menggunakan sekerup, atau kanya menggunakan sistem pengait saja untuk menahan casing lcd monitor tersebut.
langkah-langkah berikut ini berlaku untuk kedua jenis lcd monitor diatas.
 
  • Setelah membuka casing lcd akan terlihat beberapa komponen utama lcd tersebut
gambaran umum bagian-bagian monitor lcd
  • apabila lcd monitor kita mati total coba perhatikan apakah keadaan kapasitor pada rangkaian regulator dalam keadaan baik (5), tidak bocor, menggembung, segel plastiknya tidak mengerut. 
contoh gambar regulator lcd
  • Jika memang ada yg rusak, maka ganti kapasitor tersebut. saat mengganti kapasitor tersebut, pastikan agar ukurannya sama dengan kapasitor yang lama dan jangan lupa perhatikan kutub positif dan negatif dari kapasitor tersebut, sehingga kita tidak akan salah dalam memasangnya.
contoh kerusakan pada komponen kapasitor
  • perhatikan apakah ada bagian dari papan rangkaian lcd ada yg terbakar atau hangus. jika ya, maka cek apakah ada jalur yang terputus karenanya. sambungkan kembali jalur yg putus tersebut. hal tersebut biasanya terjadi karena rusaknya komponen elektronika yg terdapat di papan tersebut, contohnya: ic atau transistor.
  • jika hal tersebut telah kita lakukan tetapi lcd monitor tersebut masih saja tetap tidak mau hidup, maka kita perlu memperhatikan komponen-komponen yang lain dan hal ini tentunya membutuhkan skil elektronika tingkat lanjut. cobalah periksa apakah transistor, ic regulator atau inverter dalam keadaan baik, dengan cara mengecek tegangan listrik yang dihasilkannya. (dalam hal ini tidak saya paparkan secara detail karena dalam artikel ini hanya membahas perbaikan yang ringan dan khusus untuk pemula saja).
bagian-bagian lcd monitor
  • apabila kerusakan monitor berupa blank, namun keadaan lampu power lcd tetep menyala, berarti kita perlu memeriksa keadaan konektor mainboard lcd (2), apakah rusak, korosi atau bahkan putus. biasanya lcd blank terjadi karena kurang baiknya konektifitas kabel mainboard lcd. coba bersihkan kabel fleksibel yang terdapat di mainboard lcd (7). 
 
  • biasanya kerusakan lcd yg ringan terjadi diakibatkan karena kualitas kabel fleksibel yang menghubungkan antar board yang terdapat di dalam lcd, jadi periksa kembali semua konektror yang terdapat di dalam lcd. pastikan kesemuanya terhubung dengan baik.
Catatan:
  • tips perbaikan lcd ini hanya berlaku untuk kerusakan-kerusakan ringan saja, tidak termasuk layar lcd yang pecah, retak atau sebagainya. 
  • saya (penulis) sudah memperaktekkan tips ini terlebih dahulu dan ini adalah hasil dari percobaan yg dilakukan saya sebelumnya, walaupun tips ini tidak 100% menjamin dapat memperbaiki lcd monitor anda.
  • berhati-hatilah saaat membongkar lcd, karena bukan tidak mungkin anda dapat tersengat aliran listrik yang tinggi.
terima kasih, semoga artikel ini dapat membantu anda.

Cara Mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW Mati

      
Cara Mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW Mati ImageEra sekarang ini sudah sangat sulit mencari monitor jenis CRT yang baru. Hal ini dikarenakan semua produsen monitor telah beralih ke teknologi LCD bahkan sekarang sudah sampai ke LED yang jauh lebih irit daya dibandingkan dengan monitor jenis CRT. Disamping itu bahan dasar CRT makin susah diadakan sehingga ini membuat monitor CRT menjadi semakin langka.
LCD monitor Samsung 732NW adalah salah satu varian lama dari jenis LCD. Semakin lama umur LCD monitor semakin rentan dengan kerusakan akibat panas yang ditimbulkan oleh rangkaian yang bekerja di dalamnya. Salah satu kerusakannya adalah LCD monitor Samsung 732NW mati.
Ada beberapa indikasi kerusakan LCD monitor Samsung 732NW yang mati :
  • Layar LCD Samsung 732NW mati dengan lampu power juga mati.
  • Layar LCD Samsung 732NW mati dengan lampu power berkedip redup.
  • Layar LCD Samsung 732NW mati dengan lampu power menyala normal.
Peralatan yang dibutuhkan untuk mengatasi LCD monitor Samsung 732NW mati :
  • Obeng minus tipis.
  • Solder.
  • Timah / tenol.
Cara mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW mati :
  • Bongkar LCD monitor Samsung 732NW yang mati tersebut dengan mencongkelnya menggunakan obeng minus tipis. Awali dari bagian bawah agak pojok agar bekas songkelan tidak kelihatan. Karena biasanya songkelan pertama akan membuat bekas di casing. Lakukan dengan hati-hati agar bekas songkelan tidak terlalu parah. Yang jelas bekas songkelan pasti ada dan ini adalah satu-satunya cara untuk membuka LCD monitor Samsung 732NW yang mati ini, karena tidak ada sekrup di casingnya.
  • Setelah terbuka casingnya, ambil Modul Power Suplynya, karena kerusakannya ada di bagian ini.Cara Mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW Mati Image
  • Perhatikan komponen ELCO-nya, anda akan melihat ada sebagian elco yang melembung di dekat trafo power suplynya. Melembunganya elco ini akibat dari panas dan frekuensi tinggi yang bekerja pada rangkaian inverter dan rangkain lainnya.
  • Sekedar tambahan : Jika Lcd sudah dibongkar ,lalu dilihat elkonya tidak menggelembung atau kelihan biasa saja seperti tidak rusak ,tetap ganti saja karena mungkin sudah kering bagian dalamnya ,seperti yang saya lakukan dan hasilnya dapat dipakai lagi ,harga elkonya cuma Rp1500 per biji ,cukup murak kan.
  • Cara Mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW Mati Image
  • Kerusakan elco ini menyebabkan dropnya tegangan dari 5 volt menjadi sekitar 3 volt atau dari 12 volt menjadi sekitar 8-10 volt. Dengan tegangan yang drop seperti ini, maka tidak akan kuat untuk menyalakan screen LCD nya dan Modul VGAnya.
  • Ganti elco yang melembung ini dengan ukuran yang sesuai atau lebih tinggi ukurannya lebih bagus. Misalnya ukurannya 870uF/16v dapat diganti dengan ukuran yang sama atau lebih tinggi, misalnya 1000uF/25v. Lebih tinggi ukurannya lebih bagus.
  • Monitor LCD samsung 732NW siap di coba.
Demikian cara mengatasi LCD monitor Samsung 732NW Mati. Oya, cara ini berlaku untuk merk LCD monitor lainnya. Semoga berhasil!


  1. No. 1 = 1000 uf/10V = (Bisa diganti sama 1000 uf/16V)
  2. No. 2 = 470 uf/25V
  3. No. 3 = 680 uf/25V  = (Bisa diganti sama 1000 uf/25V)
Block PSU Board  Samsung Syncmaster 732NW
Block PSU Board Samsung Syncmaster 732NW
Setelah mencoba mengganti kapasitor tersebut, dicoba nyalain LCD…masih gelap gulita but…wait the minutes…..!!! ada perkembangan, Lampu Power sudah tidak kedap-kedip lagi, dan keluar gambar tapi redup banget hampir gelap, kalo enggak diperhatiin banget kayak yang masih nge-blank. Saya fikir ini udah pasti inverter-nya yang kena, karena kalo inverter rusak maka modul VGA akan memproteksi diri sendiri dan LCD jadi mati.
Googling lagi, nemu artikel untuk dicoba, isi-nya :
Kalau sudah diganti kapasitor, kondisi layar masih gelap kemungkinan kerusakan adalah  :
  • Inverternya (flyback-nya) – Bentuknya kaya trafo.
  • Bisa Neonnya rusak – Tapi jarang banget.
  • Bisa Tegangan 12V enggak sampai ke rangkaian inverter, cek fuse nya.
di point yang ketiga itu, timbul harapan baru. Akhirnya coba bypass fuse dengan kawat (di gambar adalah point 4, yang lingkaran biru), dicoba dinyala-in danAlhamdulillah monitor bekerja normal kembali.
Fuse Yang Rusak
Fuse Yang Rusak sebelah kanan, yang berwarna hijau. 2,5A.
bypass kawat pengganti fuse saya ganti lagi pake fuse yang biasa, takut kalo besok lusa ada rusak lagi,  fuse/sekring bisa jadi proteksi beban lebih.
Mudah-mudahan berguna.

8 komentar:

selebrasiaon mengatakan...

misi gan ane mw nanya nih!
NE D trouble M PC ane,,.!
knapa di monitor gak muncul gambarnya yah!
terus keyboard juga gak hidup!
tolong dong solusinya gan!

selebrasiaon mengatakan...

mw nnya gan kok komputer ane gambarnya gak muncul di monitor,.!
terus knapa keyboard juga gak hidup!
tolong solusinya gan!

selebrasiaon mengatakan...

mw nnya gan kok komputer ane gambarnya gak muncul di monitor,.!
terus knapa keyboard juga gak hidup!
tolong solusinya gan!

selebrasiaon mengatakan...

gan maw nanya knapa gambar di monitor ane gak muncul!
terus keyboard juga gak fungsi !
tolong solusinya!

LAKE TOBA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
LAKE TOBA mengatakan...

@selebrasiaon :cek monitor paling gampang adalah : cabut kabel monitor ke CPU ,yang nempel cuma kabel power lalu pijit power display monitor harus hitam kalo putih monitor rusak ,selain hitam ada timbul tulisan dimonitor "unplaged cable " artinya monitor ok.
kalo keyboard coba pijit toot Num Lock kalo lampunya bisa mati dan hidup artinya ok. semoga berguna

Anonim mengatakan...

Pak, LCD Monitor ane LG L177WSB setelah saya bongkar ternyata di block Power Supply ada 3 kapasitor yg menggelembung nilainya 680uf 25V. Tp ane cari ditoko tidak ada, paling kalo ada 820uf 25V. Apakah boleh diganti dangan nilai tersebut yg lebih besar tp nilai tegangan sama?

Wawan s mengatakan...

Saya punya LCD 713N tapi warna dominan hijau semua.
Mohon petunjuk apa yang harus saya periksa ??
Terima kasih buat penjelasanya.

Followers